Rabu, 26 November 2014

Object,Class,Method, dan Properties pada PHP Data Object

Object dan Class
Bagian dasar dari sebuah program yang berorientasi objek adalah objects. Secara mudah kita dapat memahami mengenai  object ini. Sebagai contoh, sebuah mobil adalah objek. Sebuah mobil mempunyai  properties atau bagian-bagian di dalamnya, seperti warna, mesin, roda, pintu dsb. Sebuah mobil juga dapat melakukan sesuatu (ada sesuatu  yang bisa dilakukan dengan mobil),
seperti mengisi bensin, menyalakan mesin, berjalan, mengerem dsb. 

Class merupakan penjelasan atau deskripsi dari object. Di dalam class, terdapat penjelasan tentang suatu  object termasuk properties yang dimilikinya serta kelakuan atau method yang bisa  dilakukan oleh object. Sebagai contoh, class  Orang. Class Orang tentu setidaknya memiliki beberapa bagian seperti tangan, kaki, mata, telinga dsb. Class Orang juga setidaknya harus bisa jalan,
bisa loncat, bisa lari, bisa melihat, bisa bicara dsb.
Salah satu keuntungan program didefinisikan dengan konsep OOP adalah adanya pengkapsulan (encapsulation) program dalam  class dan  object, dimana programmer yang menggunakan  class tidak perlu mengetahui isi dan jalannya class secara detail, hanya perlu tahu bagaimana cara menggunakannya.
Mendefinisikan Class 
Bentuk umum mendefinisikan sebuah class adalah sbb : 


Penamaan  namaClass pada dasarnya sama dengan penamaan variabel. Penamaan bebas, boleh apa saja, kecuali  stdClass. PHP sudah menggunakan nama  stdClass sebagai nama  class built-in. Isi tubuh class terletak di antara tanda kurung kurawal buka ( { ) dan kurawal tutup ( } ). Di tubuh class terdapat pendefinisian properties (variabel) dan method-method class.

Properties dan Method
Setiap class memiliki  properties yang kadang disebut juga  attributes. Properties dari sebuah mobil misalnya warna, ukuran, harga dsb. Di dalam class, properties dinyatakan dengan sebuah variabel. Misalnya $warna, $harga, dsb. Method merupakan sesuatu yang bisa dilakukan oleh object. Method dalam PHP sama artinya dengan sebuah fungsi. Method yang mungkin dipunyai dari sebuah mobil misalnya, method untuk menghidupkan mobil, menjalankan mobil, menghentikan mobil, dsb. 
Penamaan  properties dan  method memiliki aturan yang sama dengan penamaan sebuah variabel atau fungsi. Akan tetapi berdasarkan kesepakatan (convention), penamaan properties dan method harus menggunakan camel Caps, dimana tiap kata diawali dengan huruf besar kecuali kata pertama, setiap kata digabung tanpa spasi atau under-score (_).
Menambahkan Properties (Variabel)
Perhatikan contoh pendefinisian class beserta propertiesnya, sbb :
 
Pendeklarasian variabel dalam class seperti pada contoh di atas, bukanlah suatu keharusan, karena dalam PHP variabel tidak perlu dideklarasikan, cukup digunakan saja. Namun demikian, pendeklarasian variabel yang digunakan sangat dianjurkan untuk kemudahan pembacaan dan pemahaman program. Variabel class juga dapat langsung diinisialisasi dengan sebuah nilai. Namun
inisialisasi variabel tidak boleh mengandung operasi aritmatika maupun operasi yang lainnya.
Menambahkan Method

Untuk menambahkan method, tinggal mendefinisikan method seperti halnya fungsi biasa. Misalnya kita akan menambahkan fungsi atau method untuk mengganti warna mobil dan untuk menampilkan warna mobil. Nama method pada dasarnya terserah (mengikuti aturan nama variabel). Namun demikian, jangan menggunakan nama method yang diawali dengan dua buah under-score
(__) yaitu  __construct(),  __destruct() dan  __clone() karena ketiga fungsi tersebut mempunyai arti tersendiri di PHP.   contoh menambahkan method sbb :


Pada listing program di atas sudah ditambahkan fungsi atau method gantiWarna() dan tampilWarna(). Untuk mengakses properties (variabel) bisa menggunakan keyword  $this. Keyword ini me-refer pada  class tempatnya berada. Method gantiWarna() mempunyai satu parameter, yaitu $warnaBaru.
Menambahkan Konstruktor
Konstruktor merupakan sebuah method khusus yang akan secara otomatis dijalankan saat object terbentuk. Konstruktor tidak harus ada, namun dalam satu class hanya boleh ada satu konstruktor. Method konstruktor biasanya berisi pemberian nilai default dari masing-masing properties (variabel). 
Untuk membuat konstruktor, cukup dengan mendefinisikan suatu fungsi dengan nama __construct(). Perhatikan contoh sebagai berikut :

 Membentuk Objek Class
Untuk menggunakan sebuah objek, harus dibentuk objek dari classnya. Dari
sebuah class bisa dibentuk beberapa objek sekaligus. Bentuk umum
pembentukan objek adalah sbb :
Sedangkan untuk memanggil anggota (member) dari class dapat dengan format sbb : 
Sekian Mengenai Object Class Methode dan Properties pada PDO, Selanjutnya akan dibahas Implementasinya pada Program .
Sumber :Pemrograman Web Pada PHP dan MySQL

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar