Sabtu, 15 Januari 2011

Membuat jaringan Ad-Hoc pada windows XP


Berikut ini merupakan sebuah cara sederhana bagi kita yang mempunyai laptop/PC dan ingin berbagi (sharing) file dengan cepat tanpa perlu repot menggunakan flashdisk/memory card ataupun kabel Lan (UTP)  secara crossover, yaitu dengan memanfaatkan Jaringan Ad-Hoc (Peer to peer).Konsep dari jaringan ini sebenarnya sama dengan jaringan Wireless infrastructure yaitu dengan memanfaatkan udara sebagai media transmisinya, bedanya hanya pada jaringan Ad-Hoc tidak dibutuhkan sebuah Acces Point (AP)sebagai pusat/pengendalinya .
Syarat yang dibutuhkan hanyalah 2 atau lebih laptop/PC  dengan wireless network adapter , untuk laptop biasanya sudah tersedia sedangkan untuk PC kita harus menambahkannya, disamping itu ada beberapa setting/konfigurasi yang harus diperhatikan agar koneksi dapat berjalan dengan baik yaitu:
  1.  Standarisasi yang sama (802.11b dengan 802.11b dan 802.11g dengan 802.11g)
  2.  SSID (Service Set Identifier) yang sama
  3. Enkripsi dan password yang sama (jika menggunakan password)
  4. Key index aktif yang sama
          Ada 2 cara untuk membuat koneksi Ad-Hoc ini yaitu dengan software bawaan dari wireless network adapter atau dengan software Wireless Zero Configuration bawaan windows XP. Setting menggunakan software bawaan wireless network adapter sangatlah bervariasi karena setiap vendor mempuyai konfigurasi tersendiri walaupaun pada intinya sama saja. Kali ini yang akan kita gunakan adalah dengan software bawaan windows  XP (Wireless Zero Configuration). Pertama kita ke Control Panel-Network Connection-wireless network adapter klik kanan    pada wireless network connection properties(gambar 1.1),  atau klik kanan pada ikon wireless network dan pilih view available wireless network pada tab wireless network, terdapat sebuah check box “use windows to configure my wireless network settings”
                                               Gambar 1.1
 
Selanjutnya, klik tombol Add yang akan memunculkan sebuah form wireless network properties (gambar 1.2).
                                                                        Gambar 1.2

Pada bagian ini kita bisa memasukkan nama jaringan kedalam kolom isian Network name (SSID) dan juga enkripsi yang akan digunakan agar data yang berterbangan diudara tidak diintip oleh orang-orang yang tidak berhak.  Check box pada “the key is provided for me automatically”  mengatakan kepada komputer bahwa kode rahasia (network key) dan key index disimpan pada suatu tempat  dan akan diberikan pada komputer secara otomatis. Key index (advanced) berisi angka 1 sampai dengan  4. Semua komputer yang terhubung dengan jaringan Ad-Hoc harus mempunyai key index yang sama. Pilihan terakhir, check box ”this is a computer-to-computer ad-hoc netwoks;wireless acces point is not used” menandakan bahwa jaringan  wireless yang hendak dibuat adalah Ad-Hoc yang tidak membutuhkan Acces Point seperti jaringan infrastrucure. Setelah semua konfigurasi selesai , klik OK. Jaringan Ad-hoc yang kita buat akan ditampilkan pada bagian “Prefered Networks “. Selanjutnya klik tombol view wireless networks. Konfigurasi jaringan ad-hoc yang telah anda lakukan tidak aktif secara langsung (masih On Demand), untuk mengaktifkannya klik tombol Connect.

 Bergabung ke jaringan Ad-Hoc                                   
                Untuk bergabung ke Jaringan Ad-Hoc caranya sama dengan cara kita bergabung dengan jaringan wireless mode infrastructure, klik View available wireless network dan klik connect, masukkan Password/key jika jaringan Ad-Hoc kita menggunakan enkripsi. Selain digunakan untuk transfer/sharing file jaringan Ad-Hoc juga dapat digunakan untuk internet sharing. Artikel ini hanyalah ringkasan atau rangkuman, selengkapnya anda bisa baca dibuku “Wireless Kungfu” keluaran Jasakom. Mohon maaf bila ada kesalahan.
Semoga bermanfaat !

2 komentar: